Pages

July 8, 2012

BEING HAPPY

Pada dasarnya setiap manusia itu punya definisi kebahagiannya masing-masing. Azek. Ada yang baru bisa bahagia kalau lunch di Union, ada juga yang makan di warteg langganan bahagianya udah mentok. Ada yang baru bisa bahagia kalau dibeliin mobil terbaru, sementara ada juga yang dapat tempat duduk kosong di Transjakarta aja udah bisa tweet 'dapet tempat duduk di TJ. Made my day ☺'. Ada juga yang mesti punya pacar baru bahagia, ada yang single tapi tetap happy-happy-ho. Dan lain sebagainya.

Karena itulah apa yang saya tulis di bawah ini bisa dibilang tips-tips menjadi bahagia ala saya. Mungkin ada yang bersifat universal beberapa, tapi kalau ada yang merasa ga pas, anggap aja itu memang berlaku buat saya ya. Hueheuu.

Tips #1. Non-aktifkan recent update BlackBerry Messenger.
Sudah terbukti secara empiris. Atau empirik sih?
Saya ga mengaktifkan recent update dan saya damai terbebas dari segala perang status, contact yang ganti display picture 5 menit sekali, status galau yang sebenarnya the whole world doesn't need to know juga sih. Sudah berjalan nyaris satu tahun mungkin dan ga ada niat buat aktifin lagi. Jadi, daripada marah-marah sama orang yang profil BBM-nya ga jelas, mending kamu yang matiin recent update kamu sendiri. Yuk.

Tips #2. Unfollow akun Twitter yang ganggu.
Daripada nyinyir di Twitter tentang orang-orang rese, kenapa ga langsung kamu unfollow? Tapi memang saya akui yang satu ini ga segampang dalam mengatakannya. Ada orang-orang tertentu yang menjunjung tinggi moral, nilai, dan etika dalam Twitter sehingga dia berprinsip 'temen gueh mesti follow back gueh'. Oke-oke aja buat follow back kalau akun tersebut memang rapi dan ga nyampah, tapi lain cerita kalau dia ga tahu fitur reply dan menganggap Twitter itu blog sehingga tweet-nya penuh dengan twitlonger atau apapun itu. Terus dia follow @unfollowR lagi. Wuduh. Repot sih saya akui. Kalau udah kayak gitu berdoa aja dia unfollow kamu duluan. The yippy moment when someone you want to unfollow, unfollow you first. Hegheg.

Tips #3. Sisihkan waktu dengan keluarga.
We are too busy growing up and forget the fact that our parents are growing old. Coba luangkan waktu dengan papa, mama, dan kakak/adik. Jalan-jalan sama mama, nonton Running Man sama si adik, mandiin hewan peliharaan sama papa. Tiga hal tersebut rutin saya lakukan ketika saya libur. Pokoknyah, kalau libur itu waktu saya nyaris semuanya dicurahkan untuk keluarga. Kenapa segitu pentingnya waktu dengan keluarga? Karena dari sanalah kamu berasal. Dan semakin kamu dewasa, percaya deh, kamu akan sangaaaaat kangen dengan masa-masa kamu di keluarga. Berada di tengah keluarga itu rasanya aman dan nyaman. Membawa kebahagiaan tersendiri.

Tips #4. Luangkan waktu hening dalam sehari.
Luangkan waktu 5-10 menit buat diri kamu sendiri, tanpa suara, tanpa distraksi dari manapun. Coba pikirkan apa yang telah kamu lakukan dari pagi, apa yang harus dilakukan selanjutnya, dan lain sebagainya. Waktu-waktu hening seperti ini sangat membantu diri kita buat mikir lebih 'jernih'. Ga harus 5-10 menit juga sih, lebih malah bagus. Hihi.

Tips #5. Nonton video di YouTube.
Ada beberapa akun di YouTube yang video-videonya bikin saya bawaannya senang kalau nonton. Tiga akun itu adalah Arden Cho, Jayesslee, dan WongFu Production.
Arden Cho itu menyenangkan, nonton video dia pasti bisa berasa deh kalau dia hangat, rendah hati, dan positif. Jadi bawaannya senang gitu nontonnya.

Arden's Ideal Man


Arden's Diet Tips


Arden's Call Me Maybe Cover

Jayesslee. Mereka itu gimana ya, hm, pokoknya lucu dan menyenangkan. Sonia sudah menikah dan bikin channel baru buat dia dan suaminya, AndyMetSonia. Selain itu, mereka juga punya channel khusus vlog > Jayessleetv. Dua channel inilah yang bikin kita senang kalau nonton karena tingkah mereka kocak-kocak.

Andy and Sonia

Jayesslee

WongFu Production adalah 3 laki-laki Asian American yang suka bikin film atau apapun berhubungan dengan video. Selain itu, mereka suka upload video setiap weekend, WongFuWeekend atau WFW. Video mereka tiap weekend ini bercerita pengalaman mereka di luar kesibukan mereka. Pernah waktu mereka ke theme park, pernah juga pas grocery shopping. Terus pernah juga pas masak ramen. Lucu-lucuan. Video WongFu ini punya ciri khas warna yang warm, baik di WFW atau film-film mereka. Karena itu lah para orang yang nonton WongFu pasti selalu merasakan hal yang sama, ada rasa hangat dan ramah yang dibawa
oleh mereka.

Ramen Cookoff!

Grocery Shopping with Cathy


WongFu in Jakarta!

Sebenarnya selain 3 ini, masih banyak YouTube artists yang menyenangkan sih: Cathy Nguyen, KevJumba, Nigahiga, DavidSoComedy, Jason Chen, Joseph Vincent, Clara Chung, Michelle Phan, Beautifymeeh (Angel dan Aiden, pasangan suami istri yang bikin ngiri orang-orang se-YouTube), AJ Rafael, Jen from Frmheadtotoe, Victor Kim, The Jubilee Project, Sam Tsui, dan lain sebagainya. Kalau nonton mereka rasanya bangga jadi orang Asia walaupun kalau dipikir-pikir kurang ada hubungannya.

Tips #6. Nonton video Jason Chen.
Karena dia ganteng.

Image and video hosting by TinyPic

Payphone

Tapi kata teman saya dia gay. *pranggg*

Tips #7. Makan.
Bukan maksudnya jadi emotional eater, tapi kalau lagi diet jangan sampai ga makan, karena bukan itulah arti dari diet. Selain itu kasihan kan badannya. Sedih dia. Nanti saya bakal coba bikin postingan tersendiri soal diet ya. Bukan pro sih, tapi kebetulan saya baru dapat beberapa tips diet juga nih.

Tips #8. Dress up.
Lagi se-badmood apapun kamu, lagi semalesnya kamu buat ngapa-ngapain, ada baiknya buat tetap dress up. Bukan maksudnya heboh gitu, tapi seenggaknya rapi dan 'percantik' diri kamu. Atau 'pertampan' diri kamu. Hahaha. Karena kamu juga ga akan pernah tahu siapa yang bakal kamu temui di hari itu kan, jadi ada baiknya siap-siap. Selain itu, kalau penampilan oke, biasanya kan jadi lebih semangat dan mood bisa keangkat dikit gitu.. Hihi.

Udah ya 8 aja tipsnya. Selain saya suka angka 8, tips-tips yang lainnya kayaknya cuma berlaku buat diri saya sendiri. Lagian postingan ini bakal jadi panjang banget kalau mau tulis semuanya.

Pada intinya, selalu bersyukur di situasi apapun dan terus lakukan hal-hal yang baik, buat orang lain maupun diri kamu sendiri. Isi diri kamu dengan hal-hal positif, terus percaya diri dengan diri kamu apa adanya. Kalau kamu bukan tipe humoris yang heboh, ga usah paksa jadi seperti itu. Tetap yakin aja dengan diri kamu yang tenang dan kalem.

Nikmatin aja hari-hari yang ada, segala sesuatu ga berlangsung selamanya lho. Dan jadikan semua momen di hidup kamu menyenangkan.

If you want to be happy, be. - Leo Tolstoy

No comments: